Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Utara jalin kerjasama dengan AMURT Indonesia

Sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam menerapkan metode pembelajaran yang berpusat pada anak melalui pemenuhan hak anak, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Utara, Drs. Matsoleh, MPd, menandatangani Nota Kesepakatan Bersama dengan Yayasan Ananda Marga Universal Relief Team (AMURT) Indonesia sekaligus membuka Pendidikan dan Pelatihan Guru PAUD Dalam Upaya Percepatan Promosi Pembelajaran Berpusat pada Anak di Indonesia yang Memiliki Profil Pancasila, Jumat, 25 November 2022, bertempat di TKIT Insan Robbani.

Program Manajer Yayasan AMURT Indonesia, Ibu Nurhasanah, SPd.I dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Yayasan AMURT Indonesia didirikan dengan tujuan untuk memberdayakan masyarakat, pemerintah dan swasta guna mendorong terbentuknya masyarakat yang berdaya dan peduli, serta memberikan kontribusi nyata terhadap pendidikan anak usia dini di Indonesia.
Program dr AMURT, kita berikan kepada 10 satuan PAUD, dengan peserta terdiri dari 1 orang kepala sekolah dan 3 orang guru dari masing masing PAUD terpilih, jadi total sasaran awal kita ada 40 orang pendidik PAUD. Program bagi para guru PAUD di Lampung Utara ini akan berlangsung selama 2 tahun, dibagi dalam 4 periode, dan masing masing periode dilaksanakan selama 6 bulan.
Kegiatan yang akan diberikan dalam tiap periode adalah diklat bagi guru, dengan materi pengembangan kurikulum pembelajaran berpusat pada pemenuhan hak anak, study circle atau diskusi penguatan hasil diklat, coaching implementasi hasil diklat, penyelenggaraan parenting, penyediaan paket tas literasi melalui reading program, serta pendampingan dan pengawasan yang dilakukan secara bersama dengan pihak dinas terkait.
Imbas dari program ini, akan kita lanjutkan melalui pemberdayaan Pusat Kegiatan Gugus PAUD di Kabupaten Lampung Utara, sehingga harapannya pendidik PAUD di Lampung Utara dapat meningkatkan kualitas pembelaharan dan kualitas pengelolaan layanan dalam rangka mewujudkan PAUD berkualitas, tambah Nurhasanah.

Matsoleh sangat menyambut baik program yang diberikan oleh Yayasan AMURT Indonesia ini, karena PAUD merupakan pondasi awal bagi pembangunan karakter anak. Terkadang kita menganggap hanya dokter yang bisa melakukan malpraktek, padahal ketika seorang guru tidak dapat memberikan pembelajaran yang berpusat pada pemenuhan hak anak, maka itu sama saja dengan telah melakukan malpraktek. Dan saya sangat apresiasi kepada Yayasan AMURT Indonesia yang mengajak kita semua untuk berkomitmen tinggi dalam mensukseskan program ini di Lampung Utara.
Semoga selama 2 tahun ke depan, kita bisa sama sama menjaga komitmen untuk menuntaskan program yang diberikan, sehingga ke depannya, program serupa bahkan program lanjutan selalu kita nantikan untuk diprioritaskan diberikan pada para pendidik PAUD di Lampung Utara.

Yeni Sulistina, selaku Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF menambahkan bahwa komunikasi dengan Yayasan AMURT Indonesia mulai terjalin sejak awal Oktober 2022.
Semua program yang ditawarkan memang sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh para pendidik PAUD di Lampung Utara dalam rangka peningkatan kualitas PAUD di Lampung Utara. Apalagi, semua pembiayaan program, sepenuhnya dibiayai oleh Yayasan AMURT Indonesia, dan kita hanya menyiapkan lokasi pelaksanaan diklat, memberikan dukungan dan motivasi serta melakukan pembinaan dan pengawasan demi suksesnya program ini di Lampung Utara, pungkas Yeni.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin